2018-09-15

Lutut keselo bolehkah dikompres air panas?

Dalam aktivitas sehari hari, tidak jarang lutut terbentur ataupun terkilir. Ada yang terkena benturan langsung atau dapat juga disebabkan oleh cidera tak langsung, seperti gerakan memutar atau saat mengangkat beban berat. Cidera lutut tersebut akan mengganggu aktivitas, kadang hingga tidak bisa berjalan.

Beberapa dari pasien yang datang berobat untuk lututnya yang cidera, memiliki kesamaan. Yaitu lututnya sudah dibalur oleh rempah rempah, terkadang balsam, ataupun obat gosok yang rasanya panas. Ada juga yang mengkompresnya dengan air panas.

Membalur lutut dengan sesuatu yang panas harus dipertimbangkan. Kadang bukan membuat bagian yang cidera tersebut menjadi baik, tetapi malah sebaliknya. Lutut yang cidera,apabila dibalur dengan benda yang panas justru akan semakin membengkak, dan membuat semakin nyeri. 

Pada kasus yang lain dimana terjadi kelainan saraf, pasien bisa tidak merasakan panas dari benda yang ditempelkan ataupun air yang direndam. Hal tersebut berbahaya, dapat  menjadi luka bakar untuk pasien. Luka bakar pun bila tidak ditangani dengan baik, akan berujung infeksi dan kondisi buruk ini pu berlanjut.

Pada kasus terkilir, keseleo, terbentur pada lutut pertolongan pertama yang dianjurkan adalah:
RICE, bukan nasi tetapi "REST ICE COMPRESS ELEVATION"

Rest 
Rest adalah mengistirahatkan daerah yang cidera. Berhenti dari aktivitas yang menyebabkan nyeri

Ice
Untuk cidera yang akut (baru saja terjadi), dapat diberikan es. Es dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Agar tidak mengalami cidera dingin, es dapat diberikan dengan alat kompres, atau dibungkus plastic ataupun handuk. Es dapat diberikan selama beberapa menit dan dapat diulangi dalam sehari.

Compress
Membungkus area yang cidera dapat dilakukan dengan elastic perban. Namun membungkus terlalu kencang bisa berbahaya, yang dapat menambah bengkak dan menghambat aliran darah. Tanda tanda mengikat terlalu kencang seperti pucat,biru,bengkak, kesemutan, baal.
Minta bantuan fasilitas kesehatan terdekat bila tidak  fasih untuk memasang sendiri. Berobatlah ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bengkak bisa jadi sebuah cidera ringan ataupun berat. Diagnosa lebih baik ditemukan lebih dini.

Elevation
Angkat bagian kaki yang cidera sembari beristirahat dan diberikan es. Hal ini dapat dilakukan sambil tidur ataupun duduk. Gunakan bantal sebagai alas kaki untuk menaikan posisi kaki. Posisi tidak terlalu tinggi namun hanya selevel dengan jantung.

Nah, begitulah cara aman pertolongan pertama cidera akut pada lutut. Selanjutnya, periksakanlah ke dokter. Sebaiknya jangan menunda, karena Cidera bisa saja benturan ringan, namun bisa juga terdapat robekan ligamen, sendi bergeser, ataupun patah.